Kunjungan Studi Universitas Jayabaya ke Universitas Dian Nusantara

INDOPOS-Kunjungan Studi Universitas Jayabaya ke Universitas Dian Nusantara: Brainstorming Pengembangan dan Pemanfaatan Laboratorium Ilmu Komunikasi

Pada hari Rabu, 8 Mei, Universitas Dian Nusantara (UNDIRA) mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah kunjungan studi dari Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Jayabaya di Kampus Tanjung Duren, Jakarta. Tujuan utama dari kunjungan ini adalah untuk berdiskusi mengenai sektor penyiaran, termasuk integrasi antara kurikulum dan industri penyiaran yang berkembang pesat. Selain itu, para peserta juga berkesempatan untuk melihat secara langsung fasilitas laboratorium ilmu komunikasi yang baru saja diresmikan pada tanggal 4 Maret 2024.

 

Acara ini dimulai dengan sambutan dari Sri Hesti M.I.Kom., selaku Kepala Program Studi Ilmu Komunikasi UNDIRA. Acara ini juga dihadiri oleh Anna Nurjanah M.A., selaku Sekretaris Program Studi Ilmu Komunikasi dan Suparyadi M.I.Kom., selaku Koordinator Laboratorium. Dalam sambutannya, Ibu Hesti menyampaikan rasa hormat dan terima kasih yang mendalam kepada para tamu dari Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Jayabaya atas ketertarikannya untuk menjajaki kolaborasi dengan UNDIRA – sebuah institusi yang masih tergolong muda, sekaligus berbagi wawasan mengenai proses konseptualisasi dan pengembangan laboratorium ilmu komunikasi untuk memungkinkan operasionalisasi laboratorium yang mutakhir dengan cepat.

 

“Pembangunan laboratorium ilmu komunikasi ini dalam rangka mendukung proses pembelajaran sesuai capaian pembelajaran lulusan yang telah ditetapkan, dimana mahasiswa dapat memperoleh pengalaman langsung terkait produksi berbagai produk komunikasi terkini. Pembangunan laboratorium ini juga diharapkan dapat mendukung peningkatan suasana akademik,” tutur Hesti.

 

Selanjutnya, perwakilan dari Universitas Jayabaya menyampaikan rasa terima kasih atas sambutan hangat yang diterima selama kunjungan mereka di UNDIRA. Rombongan yang hadir dalam kunjungan studi kali ini antara lain Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Komunikasi, Ibu Nenden Retno Wedaria, M.I.Kom; Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi, Ibu Mega Ayu Permatasari, M.Si; Kepala Laboratorium RTV, Bapak Victor A. Simanjuntak, M.Si; serta tiga orang mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi Universitas Jayabaya.

 

Ibu Mega Ayu Permatasari menyampaikan bahwa Universitas Jayabaya saat ini sedang menekankan pada peningkatan fasilitas laboratorium yang ada untuk mengembangkan potensi mahasiswa sebagai bekal untuk terjun ke dunia kerja. “Kami sudah memiliki berbagai perlengkapan laboratorium ilmu komunikasi, namun kami perlu sharing knowledge terkait peralatan laboratorium ter-update, karenanya kami melakukan kunjungan ini mengingat UNDIRA baru saja meresmikan laboratorium ilmu komunikasinya,” tutur Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Jayabaya.

 

Setelah sesi pembukaan, agenda dilanjutkan dengan tur ke laboratorium Ilmu Komunikasi. Ini termasuk kunjungan ke berbagai fasilitas khusus seperti laboratorium penyiaran televisi yang dilengkapi dengan alat produksi yang komprehensif, laboratorium produksi radio, laboratorium fotografi, laboratorium pengeditan komputer, dan studio radio. Selama kunjungan mereka ke studio radio, para mahasiswa Universitas Jayabaya berkesempatan untuk terlibat dalam siaran langsung menggunakan platform Radio UNDIRA.

 

Antusiasme terlihat jelas di antara para mahasiswa dari Universitas Jayabaya saat mereka menikmati pengalaman langsung berbicara langsung ke mikrofon yang terhubung dengan pendengar Radio UNDIRA. Mereka menyatakan kenyamanan dengan akses ke berbagai fitur pada laboratorium ilmu komunikasi. Mereka juga memuji berbagai fasilitas yang tersedia di setiap laboratorium

 

Kunjungan studi ini diakhiri dengan sesi pertukaran cinderamata antara Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nusantara dan Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Jayabaya. Kedua belah pihak menyampaikan harapan bahwa pertemuan ini akan membuka peluang untuk kolaborasi lebih luas di masa yang akan datang.

 

(Anna Nurjanah – Sekretaris Program Studi Ilmu Komunikasi UNDIRA)

 

Press Contact :

Program Studi Ilmu Komunikasi UNDIRA

Ilmukomunikasi@undira.ac.id 

 

  • Related Posts

    Krisis Air Bersih Jakarta, Pj Gubernur Evaluasi PAM Jaya 

    INDOPOS-Jajaran Direksi PAM Jaya memang harus segera dievaluasi. Pasalnya, ada puluhan RT di RW01 Kelurahan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara sudah sepekan mengalami krisis air bersih, akibat matinya pasokan air dari…

    Kembali Geruduk Kantor DPP PPP, FKKB Tuntut Mardiono Mundur

    INDOPOS-Sejumlah massa dari Front Kader Ka’bah Bersatu (FKKB), kembali menggeruduk Kantor DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP), di Jl Diponegoro, Jakarta Pusat, Jumat (14/6/2024). . Mereka berdemo menuntut agar Plt. Ketua…

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    You Missed

    Krisis Air Bersih Jakarta, Pj Gubernur Evaluasi PAM Jaya 

    Krisis Air Bersih Jakarta, Pj Gubernur Evaluasi PAM Jaya 

    Kembali Geruduk Kantor DPP PPP, FKKB Tuntut Mardiono Mundur

    • By INDOPOS
    • Juni 14, 2024
    • 11 views
    Kembali Geruduk Kantor DPP PPP, FKKB Tuntut Mardiono Mundur

    SMPN 268 Jakarta Gelar Rapat Kerja “Bergerak Bersama Tingkatkan Kualitas Layanan Pendidikan yang Berpihak kepada Murid”

    SMPN 268 Jakarta Gelar Rapat Kerja “Bergerak Bersama Tingkatkan Kualitas Layanan Pendidikan yang Berpihak kepada Murid”

    Kinerja Dirut PAM Jaya Amburadul, Senator Dailami Firdaus Kritik Layananan Buruk Air untuk Warga

    Kinerja Dirut PAM Jaya Amburadul, Senator Dailami Firdaus Kritik Layananan Buruk Air untuk Warga

    SMA Negeri 9 Jakarta Gelar Perayaan P5

    SMA Negeri 9 Jakarta Gelar Perayaan P5

    KPK Cegah 10 Koruptor BUMD Sarana Jaya Ke Luar Negeri di Kasus Lahan Rorotan, Ini Daftar Namanya

    KPK Cegah 10 Koruptor BUMD Sarana Jaya Ke Luar Negeri di Kasus Lahan Rorotan, Ini Daftar Namanya